Kaltim

Persiapan Mudik Lebaran ala Anak Kekinian Pakai Kendaraan Pribadi, Simak 7 Tips Ini

SEKALTIM.CO – Sudah gak sabar buat mudik, nih? Buat kalian yang bakal mudik ke kampung halaman tahun ini, yuk kita bahas persiapan mudik lebaran. Soalnya, persiapan yang matang bakal bikin mudik kali ini sukses dan lancar!

1. Atur Jadwal Mudik

Pertama, kita harus atur jadwal mudik dulu nih. Kalau bisa hindari jalur tol pada waktu-waktu puncak seperti H-3 sampai H+3 Lebaran. Soalnya bakal macet parah dan bikin cape duluan sebelum sampai tujuan. Coba jadwalin di luar waktu tersebut kalau bisa. Nggak mungkin? Yowis lah, siap-siap aja ngantri di jalan.

2. Periksakan Kendaraan

Kendaraan adalah teman setia selama mudik nanti. Jadi, penting banget untuk periksakan kondisinya dulu sebelum berangkat. Servis rutin, ganti oli, tambal ban jika perlu, dan isi angin ban. Mobil atau motor sudah oke, kita oke!

3. Siapkan Perlengkapan P3K

Buat jaga-jaga kalau ada kecelakaan kecil atau yang lainnya selama perjalanan, siapkan perlengkapan P3K dulu ya. Isinya bisa obat merah, perban, plester luka, dan obat-obatan lain yang mungkin dibutuhkan. Safety first, kan?

4. Bawa Makanan Buat Di Jalan

Bosen mampir beli makan melulu? Bawa bekal makanan sendiri aja! Selain lebih hemat, kita juga bisa makan makanan yang kita suka. Bungkus makanannya dengan rapi biar gampang dimakannya nanti. Pie, roti, atau buah-buahan juga bisa jadi pilihan cemilan sehat selama di jalan.

5. Aktifkan Layanan Streaming

Takut bosan selama perjalanan? Bagi yang bawa mobil, bisa aktifkan layanan streaming favorit kalian di smartphone atau bawa tabletnya. Dengerin lagu, atau main game bisa mengusir kebosanan nih! Tapi pastikan ada powerbank yang terisi penuh ya. Kalo nonton film, nanti dulu lah ya. Soalnya mata harus fokus ke jalan, kan?

6. Siapkan Oleh-oleh

Hai, keluarga di kampung! Kita bakal bagi-bagi oleh-oleh nih! Catat dulu oleh-oleh apa aja yang mau dibawa. Bisa makanan khas kota kalian, aksesoris, atau barang lainnya. Pasti pada kangen sama oleh-oleh kalian kan?

7. Oiya, Jangan Lupa THR!

Buat yang udah kerja, jangan lupa sisihkan THR untuk dibagi-bagikan ke keluarga ya! Selain memberi kebahagiaan, THR juga bisa membantu mereka yang membutuhkan. Sediakan amplopnya dari sekarang ah!

Nah, itu tadi tujuh tips persiapan mudik Lebaran ala anak kekinian. Semoga membantu kalian yang mau mudik nanti! Yang penting sih nikmati momennya, tetap semangat, dan selalu berhati-hati di jalan. Selamat mudik dan kebagian jatah balik lagi tahun depan ya! (*)

Simak berita Sekaltim.co lainnya di tautan Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button